Kamis, 04 Juni 2020



Page Number, Header&Footer, Heading, Caption dan Table of Contents

Page Number adalah fasilitas dalam Microsoft word yang berfungsi untuk menampilkan halaman dokumen, kita bisa meletakkan number page dibawah, diatas, disamping dan lain sebagainya.
Untuk menambahkan Page Number (nomor halaman), klik menu Insert>Page Number, lalu pilih letak Page Number atas (Top of Page) atau bawah (Bottom of Page), dengan beberapa pilihan gaya yang disediakan, seperti Simple, Page X, Page X of Y, Plain Number, dan With Shapes.
page number

Untuk merubah format penomoran halaman dengan tipe huruf (i, ii, iii, iv, dst.) atau format lainnya, klik menu Insert>Page Number>Format Page Numbers.
format numbers

  • Header and Footers
Header (catatan kepala) adalah teks yang khusus diletakkan dibagian atas halaman yang akan selalu   tampil   pada   setiap   halaman. Header dapat berupa nomor halaman, tanggal, jam dan sebagainya. Sedangkan   Footer   (catatan   kaki)  mempunyai arti yang sama dengan Header, hanya saja letaknya berada di bawah lembar kerja dokumen.
Informasi yang ditulis pada Header atau Footer adalah judul topic atau tema, dll. Informasi tersebut akan muncul pada setiap halaman dokumen. Pada Header dan Footer, user dapat memberikan nomor halaman secara otomatis. User dapat pula menyisipkan gambar pada Header maupun Footer. Tata letak tulisan dapat diatur yaitu berada di kiri, tengah, atau kanan dokumen.
Cara membuka Header & Footer yaitu:
– Klik Tab Insert.
– Klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu pilih  format yang diinginkan sehingga insertion point otomatis berada pada bagian atas (untuk header) atau bawah (untuk footer) dokumen dan muncul tab design pada Ribbon.
– Ketikkan teks yang untuk header/footer sesuai dengan keinginan kita.
header footer
– Selain dengan cara di atas, kita juga bisa membuka Header & Footer dengan cara klik ganda (double Klik) pada area header atau footer. Setelah itu lakukan penambahan teks, tanggal, maupun pengaturan lain sesuai dengan kebutuhan. Selama user masuk pada area header & footer, maka area lembar dokumen tidak aktif.
– Untuk pindah ke footer (ketika membuat header) klik perintah go to footer. Lalu Ketikkan teks untuk footer.
footer

– Untuk pindah ke header (ketika membuat footer) klik perintah go to header. Lalu Ketikkan teks untuk header
– Setelah selesai klik close header and footer atau klik ganda diluar kotak header dan footer untuk keluar dari format ini.
close
– Untuk mengedit header/footer tinggal klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik edit header/footer.
– Dan untuk menghapusnya,  klik perintah kembali Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik Remove header/footer.

  • Heading
Penggunaan heading secara umum adalah untuk membantu membuat daftar isi. Secara default, ada tiga macam heading yang dipakai untuk membuat daftar isi, yaitu Heading 1Heading 2, dan Heading 3. Format (dan contoh) masing-masing heading dapat dilihat pada Tab Home àGroup Styles.

heading
Daftar isi dibentuk oleh judul-judul yang diambil dari bab maupun sub-bab. Sehingga dapat dikatakan, heading adalah bab dan/atau sub-bab tersebut. Untuk membuat judul bab, umumnya menggunakan Heading 1.
Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya:
  1. Blok kata/kalimat yang akan dijadikan judul. Cara lainnya adalah dengan
meletakkan cursor pada paragraf yang akan dijadikan judul.
  1. Pilih Heading 1 pada styles.
heading1
Tampilan format heading yang telah diaplikasikan pada judul bab atau sub-bab dapat dilihat dengan mengaktifkan (mencentang) Navigation Pane yang berada di Tab View àGroup Show àNavigation Pane. Panel ini akan tampil di sebelah kiri layar.

navigation pane

Jika ingin melakukan editing pada bab atau sub-bab yang diinginkan, dapat langsung memilih bab atau sub-bab dari Navigation Pane, tanpa harus melakukan scrolling (naik atau turun).
navigation heading
  • Caption
Inti dari pembuatan daftar tabel dan daftar gambar ini sama seperti pembuatan daftar isi. Jika pada pembuatan daftar isi format style yang digunakan adalah Heading, di daftar gambar dan daftar tabel ini yang digunakan adalah Caption.
group caption

Sebelum membuat daftar gambar atau daftar tabel, pertama kali yang harus dilakukan adalah menetapkan label yang akan digunakan untuk penamaan gambar atau tabel. Dengan memilih Insert Caption dari Group Captions akan tampil jendela seperti pada gambar berikut.
label
Pembuatan nama label caption dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Dari jendela Caption, pilih tombol New Label…
  2. Akan tampil jendela baru untuk mengisikan nama label baru. Isikan sesuai
nama yang diinginkan, Gambar atau Tabel.
  1. Tekan OK.
  2. Position dapat disesuaikan. Jika Gambar, maka posisinya berada di bawah gambar. Jika Tabel posisinya berada diatas tabel.
  3. Penomoran label akan otomatis dilakukan oleh Ms. Word. Setelah nama label dituliskan, maka gambar atau tabel yang telah ditambahkan pada dokumen dapat diberi caption.
Cara menambahkan caption pada gambar atau tabel adalah sebagai berikut:
  1. Pilihlah gambar atau tabel yang akan diberi caption.
  2. Tekan Insert Caption.
  3. Nomor gambar akan secara otomatis ditambahkan.
  4. Tuliskan judul gambar.
  5. Tekan OK.
menambah caption 1
menambah caption 2

  • Table of Contents (TOC)
Daftar isi atau Table of Contents (TOC) yang akan dibuat dapat dipilih dari daftar format yang telah disediakan oleh Ms. Word atau dengan membuat format sendiri. Daftar format yang disediakan terdapat pada Tab References – Table of Contents.
table of contens


Membuat Dokumen Sederhana

Untuk membuat dokumen pada microsoft word dapat dilakukan dengan cara berikut:
  1. Jalankan aplikasi atau program office yang sudah terinstall pada komputer atau laptop, Jika aplikasi microsoft word belum terinstall pada komputer anda, maka yang anda harus lakukan terlebih dahulu adalah melakukan instalasi program microsoft word terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya jalankan program microsoft word yang sudah terinstall dengan klik tombol start –> all program –> Microsoft Office –> Pilih Microsoft Office Word. Atau anda juga bisa menggunakan sortcut program microsoft word yang ada pada desktop komputer anda.
all program

  1. Selanjutnya setelah program microsoft office word terbuka, maka anda akan melihat lembar kerja kosong dalam microsoft word.
doc
  1. Pada Lembar kerja tersebut anda bisa menulis dan mengetikan pekerjaan anda dan dengan bantuan tool-tool yang ada pada microsoft word akan membudahkan anda dalam membuat surat maupun artikel dengan hasil bagus dan profesional.


Cara menggunakan page break

  1. Letakan kursor pada bagian paling bawah halaman yang akan dipisahkan dengan halaman lainnya.
  2. Lalu pilih menu Page Layout kemudian Breaks.
page break
  1. Setelah itu pada menu Section Breaks pilih Next Page.
  2. Pemisahan halaman telah selesai dilakukan.

Gmail (Signature, Label dan Filter)

Signature
Signature atau Tanda tangan adalah teks singkat, seperti informasi kontak atau kutipan favorit, yang secara otomatis ditambahkan pada akhir pesan Gmail yang telah dikirim. Signature bisa diisi dengan nama, pekerjaan, alamat situs web atau blog, alamat kantor dll. Signature dapat berupa tulisan teks atau untuk lebih bagus diisi dengan gambar dan warna yang menarik.
Menambahkan Signature Pada Gmail
  • Petama kita harus login terlebih dahulu dengan Gmail yang kita miliki.
  • Setelah masuk maka akan tampil gambar seperti di bawah ini :
1
Figure 1. Gmail anita pusa
  • Klik tombol ”Gear” yang terletak di pojok kanan atas
  • Pilih opsi ”settings”
2
Figure 2. gear
  • Pilih tabs “General” dan scroll halaman ke bawah sampai menemukan menu “signature”
  • Isi signature pada kolom yang telah tersedia, seperti gambar di bawah ini :
3
Figure 3. general
  • Setelah selesai, klik tombol “Save Changes” yang berada paling bawah
4

  • Label Pada Gmail
Membuat dan menggunakan label untuk mengatur pesan email ke dalam kategori, seperti pekerjaan, keluarga, daftar tugas, dibaca nanti, atau kategori lain manapun yang diinginkan. Label bersifat pribadi. Fungsinya sama dengan folder, namun dapat menambahkan lebih dari satu label ke pesan atau menghapus label yang tidak diinginkan.
  • Membuat Label Baru
  • Pertama klik “More” di sebelah kiri sidebar Gmail, maka akan muncul tampilan seperti ini :
5
Figure 5. more
  • Klik “ Create new label” untuk membuat label baru
  • Tentukan nama label baru yang akan dibuat dengan mengklik “Create”
6
Figure 6. new label

2.2.2 Mengatur Label
  • Klik gear dengan memilih opsi “setting”
  • Pilih tabs “Labels”, seperti gambar berikut :
7
Figure 7. labels 1
  • Atur label yang telah dibuat sesuai dengan keinginan.
  • Di sini juga dapat membuat label baru dengan scrool ke bawah klik “Create new label” seperti gambar di bawah ini :

Mengelompokan Email Berdasarkan Label
  • Pilih email yang akan dikelompokkan berdasarkan label dengan cara klik pada checkbox yang berada di samping email tersebut, kemudian klik icon “Labels” (Email yang dipilih bisa lebih dari satu).
  • Pilih nama label yang diinginkan kemudian klik “Apply” (Label yang dipilih bisa lebih dari satu). Seperti gambar di bawah ini :
8
Figure 9. inbox 1
  • Jika label yang sudah dibuat tidak ditemukan, tulis nama label pada kolom “Label as” untuk mencarinya.
  • Jika berhasil maka akan muncul label pada email yang telah dipilih tadi.
9

Figure 10. label anita
 Mengelompokkan Email Berdasarkan Label (Dengan memindahkannya dari kotak masuk)
  • Pilih atau buka email yang akan dipindahkan kemudian klik icon “Move to”.
  • Pilih nama label tujuan dan klik label tersebut, seperti gambar di bawah ini :
10
Figure 11. inbox 2
  • Untuk mengeceknya, buka label yang telah dibuat/dipilih di sebelah kiri.
11
Figure 12. label anita puspa

  • Filter Pada Gmail
Memfilter dapat secara otomatis mengelola email masuk menggunakan filter Gmail untuk menempatkan email pada label, atau mengarsip, menghapus, membintangi, atau meneruskan email.
2.3.1 Membuat Filter Baru
  • Klik anak panah kecil pada kolom ”search”.
  • Isi sesuai filter yang di inginkan, seperti gambar di bawah ini :
12
Figure 13. filter

  • Klik “Create filter with this search” maka akan muncul tampilan seperti ini :
13
Figure 14. create filter with this search
  • Lalu pilih “Apply the label” dan pilih label mana yang akan di gunakan,
  • Jika sudah selesai Untuk menerapkan filter pada email yang sudah diterima, klik “Also apply filter to … matching conversations” kemudian klik tombol “Create filter”.
14
Figure 15. create filter

Mengatur Filter
  • Caranya hampir sama dengan mengatur label, Klik gear dan pilih opsi “settings”
  • Pilih tab filter, maka muncul tampilan seperti ini :
15
Figure 16. filter and blocked addresses
  • Atur filter yang telah di buat sesuai keinginan.
  • Disini juga bisa membuat filter baru dengan cara klik create a new filter.
16
Figure 17. create a new filter
DAFTAR PUSTAKA
  • 2007. Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Depdiknas. Jakarta.
  • 2016. Menanbahkan Tanda Tangan Ke Pesan Gmail. https://support.google.com. Diskses tanggal 24 April 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar