Selasa, 16 September 2025

 

Hotel Reservasi

Apa itu hotel reservation? Reservasi hotel dapat dipahami sebagai layanan  pemesanan kamar atau akomodasi untuk kepentingan umum. Layanan ini memungkinkan Anda untuk memesan kamar dan akomodasi terlebih dahulu jika Anda berada di luar kota untuk urusan bisnis atau liburan. Anda tidak perlu datang langsung ke hotel untuk melakukan reservasi hotel. Sebagian besar hotel sekarang dapat memproses reservasi melalui telepon.

Saat memesan melalui telepon, tentu saja, diperlukan percakapan dua arah antara  resepsionis hotel dan tamu. Terkadang  hotel sering mendapat masalah dari tamunya, terutama orang asing yang hanya berbicara bahasa Inggris. Berikut ini kami akan menyajikan cara atau prosedur reservasi hotel melalui telepon, sesuai dengan contoh SOP Perhotelan.

Prosedur reservasi hotel

1.     Jenis dan jumlah kamar yang diinginkan

2.     Jumlah orang yang akan menginap

3.     Tanggal kedatangan & tanggal keberangkatan.

4.     Nama tamu yang menginap di hotel

5.     melakukan check pada reservasion chart, apakah masih ada kamar yang masih kosong.

Standar Operasional Prosedur dalam menangani dan memproses reservasi hotel

1.     Melakukan greeting

2.     Menanyakan tipe dan jumlah kamar yang diminta atau dikehendaki tamu yang memesan.

3.     Menanyakan tanggal kedatangan dan keberangkatan tamu.

4.     Melakukan check pada reservation chart, apakah masih ada kamar yang masih kosong.

 

 

Manfaat dari reservasi hotel

Tentunya kegiatan reservasi memiliki keuntungan bagi calon tamu dan pelanggan yang membutuhkan jasa Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memesan di muka tanpa takut tidak dilayani.

Selain itu manfaat adanya reservasi kamar hotel di antaranya adalah:

  • Calon tamu dapat dengan mudah memeriksa ketersediaan dan merencanakan akomodasi perjalanan yang perlu mereka gunakan.
  • Hotel dapat melayani tamu potensial dengan mengatur kamar, fasilitas, dan jadwal penjemputan sesuai kebutuhan.
  • Saat pelanggan  melakukan pemesanan, hotel juga dapat menawarkan produk lain untuk meningkatkan penjualan, seperti: Paket perjalanan, paket transportasi, fasilitas hiburan, dll.
  • Buat tamu terkesan dengan menyediakan fasilitas hotel yang mewah, meningkatkan citra perusahaan dalam hal pelayanan, dan menarik minat dan kemauan tamu untuk datang kembali, Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan.

Bentuk pembayaran apa yang diterima hotel? Bentuk pembayaran apa yang diterima hotel saat checkout? Metode pembayaran apa yang biasanya digunakan tamu untuk membayar masa inap mereka? Metode pembayaran apa yang kemungkinan besar akan digunakan tamu? Berikut ini adalah metode pembayaran yang biasa dilakukan oleh tamu:

1. Cash settlement

Metode pembayaran cash atau tunai adalah metode pembayaran yang dilakukan oleh tamu secara tunai dalam jumlah penuh atau sisa tagihan sesuai dengan harga yang harus dibayarkan pada saat check-out.

2. Cash deposit

Ini adalah metode di mana tamu membayar tunai pada saat reservasi atau pada saat menginap.

3. Cash deposit refund

Jika tamu membayar deposit secara tunai, sisa perubahan menjadi milik tamu. Hal ini karena biasanya ketika tamu menggunakan fasilitas hotel yang memerlukan invoice, pihak hotel akan meminta lebih banyak deposit tunai dan sisa uang akan dikembalikan pada saat checkout.

4. Creadit card

Adalah pembayaran yang dilakukan ke Lembaga keungan penerbit kartu kredit yang tamu miliki sesuai dengan persyaratan kartu kerdit yang berlaku.

5. Pre-Payment

Pembayaran di muka adalah pembayaran yang dilakukan oleh  tamu  yang membayar di muka secara penuh untuk kamar dan fasilitas yang digunakan  sebelum tamu menggunakan fasilitas yang dipesan disebut dengan Pre-Payment.

 

 

Percakapan Pemesanan Hotel Via Telepon

Untuk kamu yang bekerja di industri pariwisata dan mungkin masih kebingungan bagaimana cara memesan hotel dalam bahasa Inggris, berikut contoh percakapan pemesanan hotel via telepon yang bisa kamu simak dan pelajari.

Reservation: Good Morning, Edotel Singah MAta. This is a reservation, maya speaking how may I help you? (Selamat Pagi, Edotel Singah MAta. Ini adalah reservasi, dengan maya berbicara, apa yang bisa saya bantu?)

Guest: Good Morning I would like to book a room. (Selamat Pagi Saya ingin memesan kamar)

Reservation: Yes Sir, May I know what type of room would you like, and for how many people, Sir? (Ya Pak, Boleh saya tahu tipe kamar yang anda inginkan, dan untuk berapa orang Pak?)

Guest: I like one suite room, just for me. (Saya suka satu kamar suite, hanya untuk saya)

Reservation: May I know what date you will be arriving? (Bolehkah saya tahu tanggal berapa Anda akan tiba?)

Guest: I will be arriving on the 19th of November 2025 and depart on the 22nd of November 2025. (Saya akan tiba pada 19 November 2025 dan berangkat pada 22 November 2025)

Reservation: Alright Sir, May I know your name, Sir? (Baik Pak, boleh saya tahu nama Bapak?)

Guest: My name is David. (Nama saya David)

Reservation: Just a moment Mr. David, I will check the available room for that period. (Tunggu sebentar Pak David, saya akan memeriksa kamar yang tersedia untuk tanggal tersebut)

Guest: Yes, please (Ya, silakan)

Reservation: One suite room is still available for you with room number 183. Your room facilities are a private balcony, living room, small kitchen, mini bar, wardrobe, television, telephone, AC, bathroom with shower, bathtub, and washbasin with hot and cold running water. And hotel facilities are restaurant, meeting room, sports area, parking area, laundry, beauty salon and spa. The room rate is Rp 550.000,00 including breakfast.

Would you like to take it, Sir? (Satu kamar suite masih tersedia untuk Anda dengan nomor kamar 183. Anda akan mendapatkan fasilitas kamar seperti balkon pribadi, ruang tamu, dapur kecil, mini bar, lemari pakaian, televisi, telepon, AC, kamar mandi lengkap dengan shower, bathtub, dan wastafel lengkap. dengan air panas dan dingin yang mengalir. Dan fasilitas hotel seperti restoran , ruang pertemuan, area olah raga, area parkir, laundry, dan salon kecantikan dan spa. Harga kamar Rp 550.000,00 sudah termasuk sarapan pagi. Apakah Anda ingin memesannya, Pak?)

Guest: Yes, sure. (Tentu)

Reservation: May I know-how about your deposit, Sir? Because it is high season, so you need to pay the deposit for the room. (Bolehkah saya mengetahui deposit Anda, Pak? Karena ini musim ramai, jadi Anda perlu membayar uang muka untuk kamar)

Guest: Ok, I will pay, how much I should pay? (Oke, saya akan bayar, berapa yang harus saya bayar?)

Reservation: You must pay for one night, is that OK? (Anda harus membayar untuk satu malam, apakah itu OK?)

Guest: Of course. If that possible, how may I transfer the payment? (Tentu, bagaimana cara membayarnya?)

Reservation: If you want to transfer the payment, you can transfer using XX bank in your city, and our account is 11234560000, is that alright, Sir? (Jika mau transfer pembayaran bisa transfer menggunakan bank XX di kota anda, rekening kita 11234560000, oke pak?)

Guest: Ok. Thank you for your information. (Baik, terimakasih atas informasinya)

Reservation: May I repeat your request, Sir? (Boleh saya ulangi ya, Pak?

Guest: Sure. (Tentu)

Reservation: Well, Mr. David, you would like one suite room, and the rate is Rp 550.000,00 net including breakfast, you will be arriving at 19th of November 2025 until 22nd of November 2025, you will pay the deposit for one night, and would you like a something else? (Tn. David, anda ingin satu kamar suite, tarifnya Rp 550.000,00 net termasuk sarapan pagi, anda akan tiba pada tanggal 19 November 2025 sampai dengan 22 November 2025, anda akan membayar deposit untuk satu malam. , dan apakah Anda menginginkan yang lain?)

Guest: No thank you, I think that is enough. (Tidak, terimakasih. Saya rasa itu sudah cukup)

Reservation: Thank you very much for your reservation. Looking forward to your coming to our hotel. If you had any cancellations about your reservation, please inform us as soon as possible. (Terima kasih banyak atas reservasi Anda. Menantikan kedatangan Anda di hotel kami. Jika Anda memiliki pembatalan apa pun tentang reservasi Anda, harap beri tahu kami sesegera mungkin)

Guest: Thank you very much for your service. (Terimakasih banyak atas pelayanan Anda)

Reservation: You are welcome. (Sama-sama)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar