Sabtu, 24 Juli 2021

 

CONTOH SOAL “FRONT OFFICE”

A. OPERATOR ( By: Kin’s Andrianto,Dipl Hot ,SE)

  1. Bila anda melakukan pembicaraan melalui telpon dari Pontianak ke Jakarta maka anda perlu menambah nomer regional daerah yang di tuju yaitu ….
    a. 021
    b. 031
    c. 061
    d. 0251
    e. 0271
  2. Telphone courtesy yang harus dilakukan oleh operator sat melayani telpone tamu adalah
    a. Listen carefully , personal service, over help, take note, give magic word
    b. Identify your self, greeting, welcome, over help, give magic word
    c. Greeting, welcome, personal service, take note, give magic word
    d. Greeting, identify your self, over help, take note, give magic word
    e. Identify your self, personal service, listen carefully, take note, give magic word
  3. 03. Miss ABG akan Bicara dengan Mis BGA di kamr 201, ketika anda ingin menyambungkan telpon ternyata sedang Online maka yang anda sampaikan pada miss ABG adalah
    a. I am sorry madam, there is no answer from room 201
    b. Thank you for calling miss ABG
    c. Could you hold the line please, madam
    d. There is call for u miss BGA
    e. This line is engaged at this moment
  4. Telepon juga merupakan sarana utama penunjang bisnis suatu perusahaan, terlebih dengan era globalisasi informasi serta ramainya lalu lintas komunikasi pada saat ini, apa keuntungan kdari komunikasi menggunakan telp, kecuali
    a. Biaya relatif murah
    b. Ngikuti trend
    c. Hemat energy
    d. Praktis
    e. Efisien waktu
  5. yang bertanggung jawab untuk penanganan telpon masuk maupun keluar yaitu department Front office dengan section yang dinamakan Operator section yang memiliki tugas antaranya : kecuali
    a. Melayani sambungan telpon Lokal, interlokal maupun international
    b. Melakukan Wake up call
    c. Penyampaikan panggilan tamu lewat paging call
    d. Menangani pengiriman dan penerimaan Fax
    e. Menerima pemesanan kamar
  6. Sistem peralatan komunikasi yang dimana sambungan telpon harus melalui operator terlebih dahulu di namakan
    a. PSBX
    b. PMBX
    c. PABX
    d. SPBX
    e. ABPX
  7. Kadang kadang penelphone tidak menyebutkan identitasnya maka operator dapat bertanya seperti :
    a. May I know who is speaking
    b. Who
    c. who this
    d. who are you
    e. who speaking
  8. Tata cara menerima sambungan telpon sesuai dengan SOP adalah
    a. Terapkan keberanian dan jangan menunjukkan sikap kaku
    b. Berusahalah menjukkan sikap tenag
    c. Jawab panggilan telpon maksimal 3 x dering
    d. Ajukan pertanyaan yang bersifat introgatif
    e. Pastikan bahwa sambungan telpon bebas telpon masuk
  9. Mr. jonh dari Surabaya menghubungi tamunya di kota jakartan untuk meengkonfirmasi tanggal check in di hotel shangrila telpon dank ode area yang di gunakan adalah
    a. SLJJ 021
    b. local 0341
    c. Interlocal 031
    d. SLJJ 031
    e. SLJJ 022
  10. Operator : Good afternoon, Edotel Makasar. How may I assist you ?
    Caller : Good afternoon, Edotel Hotel Semarang.
    Operator : …………
    Caller : Oh I am sorry, is that 551753?
    Kalimat yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ….
    a. Yes, please. This is Edotel Semarang
    b. No. I don’t know Mister. This is Edotel Makasar
    c. Are you Mr. Walker, GM Edotel Makasar
    d. I’m sorry Madam. This is Edotel Makasar
    e. Yes this is 551753, Diana speaking.
  11. Mr. Donny telephone dari kamar dan ingin bicara dengan Mr. kin (General manager) yang mana general manager tersbut kebetulan sedang menelphone sehingga tidak mungkin di jawab, maka anda harus menghubungi kembali ke tamu dengan mengatakan

a. I am sorry, Mr , Mr. kienzz is still engaged
b. I am sorry Mr, there is no answer from our GM
c. I am sorry, Mr.Donny , Mr. kienzz is still engaged
d. Thank you for calling Mr. Donny
e. There is call for Mr. Donn

B. RESERATION ( By: Kin’s Andrianto,Dipl Hot ,SE)

  1. Banyak cara/ method untuk melakukan pemesanan kamar hotel. Salah satu cara yang banyak di pergunakan karena relative lebih murah dan langsung mendapatkan informasi tentang kepastian kamar yang di pesan adalah dengan menggunakan
    a. Email
    b. Surat
    c. Faxcimile
    d. SMS ( short Message Service)
    e. Telepon
  2. Harga kamar hotel beragam tergantung dari situasi dan waktu pada umumnya hotel melakukan harga kamar paket yang berlaku khusu pada hari libur ( jumat sampai minggu ) disebut
    a. Compliment rate
    b. weekday rate
    c. cooperate rate
    d. weekend rate
    e. airline rate
  3. Status reservasi kamar ini sering didasarkan pada waktu tamu tiba di hotel. Jika tamu tiba (check-in) sebelum batas waktu kedatangan yang ditentukan oleh hotel jam 6 sore, tamu tersebut akan mendapatkan kamar, namun tamu hingga waktu tersebut belum tiba, maka kamar akan dijual kepada tamu lainnya, artinya pemesanan kamar otomatis dibatalkan setelah melewati waktu tersebut.
    a. Guaranteed arrival.
    b. 6.pm release.
    c. Take or place (t or p).
    d. VIPs and CIPs..
    e. Tours and groups.
  4. form yang di gunakan untuk mengetahui kondisi kamar saat ini dan yang akan dating di namakan
    a. Reservation form
    b. Reservation slip
    c. Reservation chart
    d. Comfirmation slip
    e. EAL
  5. Informasi awal yang harus di ketahui oleh petusa resevasi saat tamu ingin memesan kamar adalah
    a. Tanggal tiba, jenis kamar, nama tamu dan jumlah kamar
    b. Tanggal berangkat, jenis kamar, nama tamu dan jumlah kamar
    c. Tanggal tiba, jenis pembayaran, jenis dan jumlah kamar
    d. Tanggal tiba, jumlah orang, jenis dan jumlah kamar
    e. Tanggal tiba, lama tinggal, jenis dan jumlah kamar
  6. Penyusunan reservation slip di rack yang benar adalah berdasarkan tanggal kedatangan yang berfungsi untuk mempermudah dalam pembuatan
    a. EDL
    b. Guest history card
    c. Arrival book
    d. Departure book
    e. EAL
  7. Alat yang di gunakan untuk meletakkan reservation slip adalah Reservation rack sedangkan untuk menyimpan fille reservation yang lannya adalah di sebut
    a. Information rack
    b. Filling Cabinet
    c. Room Rack
    d. Key Rack
    e. Reservation chart
  8. Hotel dalam mengurangi ketidak hadiran tamu yang sudah memesan adalah dengan cara meminta deposit pada saat pemesanan kamar oleh tamu,Tamu yang sudah memesan kamar tapi tidak datang tanpa informasi sebelumnya di sebut
    a. Don’t arrive
    b. Amandement
    c. No show
    d. Cancelation
    e. Lay over Pessenger
  9. Banyak cara/ method untuk melakukan pemesanan kamar hotel. Salah satu cara yang banyak di pergunakan karena relative lebih murah dan langsung mendapatkan informasi tentang kepastian kamar yang di pesan adalah dengan menggunakan
    a. Email
    b. Surat
    c. Faxcimile
    d. SMS ( short Message Service
    e. Telepon
  10. Informasi awal yang harus di ketahui oleh petusa resevasi saat tamu ingin memesan kamar adalah
    a. Tanggal tiba, jenis kamar, nama tamu dan jumlah orang
    b. Tanggal berangkat, jenis kamar, nama tamu dan jumlah kamar
    c. Tanggal tiba, jenis pembayaran, jenis dan jumlah kamar
    d. Tanggal tiba, jumlah orang, jenis dan jumlah kamar
    e. Tanggal tiba, lama tinggal, jenis dan jumlah kamar
  11. Pada sat tamu memesan kamar meminta lokasi kamar yang tenang maka informasi tersebut harus di catat di reservation form pada kolom
    a. Meal arrangement
    b. Book by
    c. Remark
    d. Bill instruction
    e. Contact person
  12. Pada reservation form jika semua pembayaran rekening tamu akan akan di bayar oleh perusahaan maka pada account instruction di tulis
    a. C/A by guaranteed letter
    b. P/A by cash
    c. T/A by voucher no 7282
    d. A/C by Master card no 8272
    e. P/A by visa no 5723
  13. Jika pembayaran dilakukan oleh travel agent sebagai bukti bahwa tamu telah melakukan reservasi dan sudah membayar sejumlah fasilitas perusahaan di sebut
    a. Voucher
    b. Travel cheque
    c. Credit card
    d. Cash
    e. Guaranteed letter
  14. Jenis mata uang yang berlaku untuk pembayaran di Negara Malaysia adalah
    a. Yen
    b. Ringgit
    c. Bath
    d. Rupee
    e. Dollar Singapore
  15. Perubahan yang terjadi atas suatu pemesanan kamar sebelum kedatangan tamu di hotel disebut
    a. Amendment
    b. Cancelation
    c. No show
    d. Early arrival
    e. Lay over passage
  16. Setiap hotel mempunyai berbagai jenis harga kamar yang dapat dipilih oleh tamu sesuai dengan keperluannya, salah satu jenis harga kamar adalah….
    a. corporate rate
    b. American Plan rate
    c. Continental plan rate
    d. Bermuda rate
    e. room rate
  17. Sebelum datang dan menginap di hotel, pada umumnya tamu terlebih dahulu mengadakan reservasi untuk memastikan bahwa mereka akan mendapat kamar sesuai pesanan mereka, begitu pula pihak hotel akan menanyakan beberapa data tamu yang diperlukan saat tamu mengadakan reservasi. Adapun informasi data tamu yang diperlukan saat reservasi adalah.
    a. incognito guest
    b. checkin date
    c. room rate
    d. company
    e. walk in
  18. Proses penulisan atau pencatatan data calon tamu perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan kesalahan. Salah satu cara pengisian data tamu pada saat reservasi adalah
    a. full name harus selalu di tulis dengan ejaan yang benar.
    b. lebih mengutamakan tamu yang memesan kamar yang bertarif mahal.
    c. pengisian arrival date harus sesuai keinginän petugas
    d. company address diisi alamat korespondensi departemen suatu perusahaan agar pihak hotel tenang.
    e. method of payment diisi dengan mata uang yang berlaku
  19. Pada saat tamu mengadakan reservasi, petugas hotel harus menanyakan beberapa data tamu seperti cara pembayaran untuk dicatat di dalam reservasi form. Adapun cara penulisan pembayaran tamu yang melakukan reservasi adalah dengan.
    a. guarantee letter
    b. petty cash
    c. city ledger
    d. paid out
    e. safety deposit
  20. Perubahan reservasi dapat terjadi, yang disebabkan oleh calon tamu yang mempunyai alasan tertentu. Apabila terjadi perubahan, petugas harus memperbaruhi reservasi tersebut. Adapun teknik yang di lakukan dalam memperbarui reservasi adalah….
    a. Menghapus data pada tabel reservasi
    b. Mengisi formulir pembatalan dengan lengkap
    c. Merubah tabel reservasi data tamu tersebut
    d. Mengambil data pemesanan yang telah di lakukan untuk di hapus.
    e. Mengembalikan uang muka yang telah di berikan oleh calon tamu.
  21. Salah satu jenis kamar yang paling istimewa karena merupakan kebanggaan hotel tersebut dan terletak di lantai paling atas karena terdapat fasilitas hellypad yang dapat langsung dihubungkan ke kamar itu, jenis kamar ini disebut dengan….
    a. Executive suite
    b. Diplomatic suite
    c. Moderate room
    d. Ordinary suite
    e. Royal suite
  22. Daftar nama nama tamu yang di harapkan tiba di hotel pada hari hari tertentu adalah
    a. Expected arrival list
    b. Guest in the house
    c. Room status report
    d. Room rack slip
    e. Expected departure list
  23. Alat yang di gunakan untuk meletakkan reservation slip di sebut
    a. Information rack
    b. Room Rack
    c. Key Rack
    d. Mail Rack
    e. Reservation Rack
  24. Penulisan Nama tamu yang benar dari nama Proff Jacsson Fiego adalah
    a. Fiago Jecson F Prof
    b. Fiago F.J Prof
    c. Fiago J.E Prof
    d. Jacson Fiago F. Prof
    e. Prof Fiago Jacson F
  25. Dalam penulisan reservation form ada beberapa data tamu yang utama dan harus tercatat pada reservation form antara lain
    a. Name, date in .length of stay, type of room, phone number , type of payment
    b. Name, cross reference, date in, number of pax, length of stay, contact person
    c. Name, date in, type of room, contact person, phone number, special request
    d. Special request, Date in, type of room, contact person, phone number, name
    e. Name, Cross reference, date in, umber of pax, type of payment, special request
  26. Penulisan nama tamu Col . Smith B. Junior pada registration adalah
    a. Col. Junior,S.B
    b. Smith,B.J.Col
    c. Junior,Smith,B.Col
    d. Junior,S.B>Col
    e. Smith,J.B.Col
  27. Segala sesuatu yang tertulis, terekam dan tergambar yang dapat digunakan sebagai bahan keterangan apabila diperlukan di sebut….
    a. dokumen.
    b. Faktur
    c. Surat
    d. Voucher
    e. Lampiran
  28. Istilah untuk catatan tertulis singkat komunikasi yang digunakan dalam suatu kantor disebut….
    a. faktur.
    b. buku harian.
    c. Bon
    d. laporan.
    e. memo.
  29. Peralatan kantor yang fungsinya untuk melubangi kertas yang akan di file di odner adalah ….
    a. Paper clip
    b. Cutter
    c. Perculator
    d. Steppler
    e. Filing cabinet
  30. Segala sesuatu yang tertulis, terekam dan tergambar yang dapat digunakan sebagai bahan keterangan apabila diperlukan di sebut….
    a. dokumen.
    b. Faktur
    c. Surat
    d. voucher.
    e. lampiran
  31. Istilah untuk catatan tertulis singkat komunikasi yang digunakan dalam suatu kantor disebut….
    a. faktur
    b. buku harian
    c. bon
    d. laporan
    e. memo.
  32. Cara penulisan tanggal surat yang benar adalah…
    a. Jkt, 23 Des 2010
    b. Jakarta 23 Desember 2010
    c. Jakarta ,23 Desember 2010
    d. Jkt 23 Des 2010Jakarta
    e. 23 Desember 2010

RECEPTON (By: Kin’s Andrianto,Dipl Hot ,SE)

  1. Tamu yang akan menginap di hotel pasti diminta untuk mengisi dan menandatangani kolom identitas dari formulir ……. Pada saat tamu melakukan pendaftaran diseksi receptionist
    a. Guest card
    b. Registration form
    c. Reservation card
    d. Luggage tag
    e. Rooming list
  2. Mr. Tommy Menginap di hotel T2C Jl pemuda no 5 Batam center selama 2 malam, harhga kamar permalam Rp. 450.000,-, harga kamar tersebut belum termasuk 21 % Government tax and service charge, berapa harga kamar yang harus di bayar MR. tommy
    a. Rp. 989. 000,-
    b. Rp. 990.000,-
    c. Rp. 1.089.000,-
    d. Rp. 1.089.900,-
    e. Rp.1.280.000,-
  3. Ketika tamu sudah menyelesaikan pembayaran di seksi reception maka petugas reception akan menyampaikan kartu tamu ( guest Card ) yang berisi Informasi
    a. Name, Room, arrival dan departure
    b. Name, Room, Nationality dan departure
    c. Name, Payment by, arrival dan departure
    d. Name, Room, departure dan remark
    e. Name, signature, arrival dan departure
  4. Hotel T2C Batam memiliki kamar 400, pada hari ini kondisi kamar sebagai berikut, OO ( out of order ) 15 kamar, Occupied 200 kamar, C/O 20 kamar, HU 15 kamar maka jumlah kamar yang bisa di jual untuk tamu walk in adalah
    a. 150 kamar
    b. 160 kamar
    c. 170 kamar
    d. 180 kamar
    e. 190 kamar
  5. Data tamu perorangan yang harus di tulis pada bloking card adalah
    a. Nomer kamar, nama tamu, alamat
    b. Nomer kamar, nama tamu, intruksi pembayaran
    c. Tanggal tiba, nama tamu, alamat
    d. Nomer kamar, nama tamu, tanggal tiba
    e. Tanggal tiba, tanggal berangkat , nama tamu
  6. Data tamu VIP yang harus di tulis pada bloking card adalah
    a. Nomer kamar, nama tamu, tanggal tiba, affliasi, reservation by
    b. Nomer kamar, nama tamu, tanggal berangkat, affliasi, reservation by
    c. Nomer kamar, nama tamu, tanggal tiba, affliasi
    d. Nomer kamar, tanggal tiba, affliasi, reservation by
    e. Nomer kamar, nama tamu, tanggal tiba,reservation by
  7. Sebelum datang dan menginap di hotel, pada umumnya tamu terlebih dahulu mengadakan reservasi untuk memastikan bahwa mereka akan mendapat kamar sesuai pesanan mereka, begitu pula pihak hotel akan menanyakan beberapa data tamu yang diperlukan saat tamu mengadakan reservasi. Adapun informasi data tamu yang diperlukan saat reservasi adalah.
    a. incognito guest
    b. check in date
    c. room rate
    d. company
    e. walk in
  8. Peralatan dalam operasional di kantor depan merupakan unsure penting untuk menunjang pelayanan, mempercepat pekerjaan dan meningkatkan efisiensi. Berikut ini adalah salah sam jenis dan beberapa peralatan yang dibutuhkan di kantor depan, yaitu..
    a. room rack slip
    b. housekeeping rack
    c. luggage rack
    d. safely rack
    e. wardrobe
  9. Mr. Matthew Seiji akan check out pada han i, setelah menginap di hotel selama 3 (tiga) han. Beliau menginap di kamar deluxe dengan nomor kamar # 123 dan harga kamar U$ 105/ malam dan belum termasuk 21% service & tax. Hitunglah berapa biaya yang harus dibayar oleh Mr.Matthew. 1 U$ = Rp. 9.500,00.
    a. Rp. 3.620.925
    b. Rp. 997.500,00
    c. Rp. l.206.975,00’
    d. Rp. l.995.000,00
    e. Rp. 2.413.950,00
  10. Tujuan menghitung today’s room available saat high season oleh receptionist yang
    bertugas morning shift adalah untuk:
    a. mengetahui jumlah kamar yang dapat dijual untuk tamu roombongan
    b. mengetahui jumlah kamar yang dapat dijual untuk tamu individual
    c. mengetahui jumlah kamar yang dapat dijual untuk tamu VIP
    d. mengetahui jumlah kamar yang dapat dijual untuk tamu dengan reservasi
    e. mengetahui jumlah kamar yang dapat dijual untuk tamu walk-in
  11. Pembatalan keberangkatan tamu di akibatkan oleh tidak jadinya keberangkatan pesawat yang akan di pesan di sebut
    a. Don’t arrive
    b. Amandement Resrvation
    c. Cancelation Have deposit
    d. Cancelation
    e. Lay over Pessenger
  12. Pelayanan registrasi yang fleksible , cepat dan tepat serta dapat di lakukan dalam perjananan dari banadara ke hotel maka hotel menerapkan program
    a. Speedy check in
    b. Pre registration
    c. Check in proses
    d. Check in Computerized
    e. Registration
  13. Surat yang diajukan kepada tamu yang sedang menginap di hotel di katagorikan sebagai surat
    a. Current Guest mail
    b. Past Guest mail
    c. Future Guest mail
    d. Up date guest mail
    e. Last Guest mail
  14. Kartu yang berisi data tamu selama menginap di hotel di sebut
    a. Registration card
    b. Reservation card
    c. Room rack slip
    d. Reservation slip
    e. Guest card
  15. Jenis laporan fron Office adalah
    a. Reservation form
    b. Room sales recapitulation
    c. Registration form
    d. Density chart
    e. Conventional chart
  16. Data yang ada pada EDL adalah
    a. Date, guest name, person, address, time
    b. Room number, person, time, address, flight number
    c. Date arrival, person, time flight number
    d. Date, Room number, guest name, person , Flight no, time
    e. Date arrival, person, time, address
  17. Pada saat wisatawan melakukan perjalanan untuk berlibur ke suatu Negara, maka mata uang yang digunakan harus sesuai dengan mata uang yang di pergunakan di Negara yang di kunjungi atau mata uang yang berlaku mata uang yang berlaku secara International tesebut adalah
    a. Dollar Singapore
    b. Euro
    c. Dollar America
    d. Real
    e. Ringgit
  18. Pada reservation form jika semua pembayaran rekening tamu akan akan di bayar oleh perusahaan maka pa account instruction di tulis
    a. C/A by guaranteed letter
    b. P/A by cash
    c. T/A by voucher no 7282
    d. A/C by Master card no 8272
    e. P/A by visa no 5723
  19. Alat yang di gunakan untuk menyimpan barang tamu yang berharga di front office cashier adalah
    a. Cupboard
    b. Deposit box
    c. Filling cabinet
    d. Drawer
    e. Steel Cup boar
  20. Peralatan Automatic yang di gunakan untuk menangai pembayaran dengan credit card adalah
    a. Imprinter
    b. EDC imprinter
    c. CDE imprinter
    d. Cash register
    e. letter rack
  21. Perbaikan transaksi debit yang sudah di catat pada hari sebelumnya adalah
    a. Correction
    b. Adjustment
    c. Payment
    d. Discount
    e. Pre payment
  22. Form yang di gunakan untuk memindahkan sejumlah transaksi tamu ke city leger atau ke tansaksi tamu lainnya
    a. Cash receipt
    b. Transfer charge / debit
    c. Miscellaneous form
    d. Allowance / adjustment
    e. Cash sales form=
  23. Travel cheque merupakan jenis alat pembayaran yang termasuk dalam kelompok ………
    a. Credit payment
    b. City ledger payment
    c. Pre payment
    d. Cash payment
    e. Travel agent payment
  24. Mana jawaban di bawah ini yang merupakan type pembayaran yang tidak di terima di hotel
    a. Credit card
    b. Cash
    c. Travel cheque
    d. Individual Cheque
    e. Guaranteed letter
  25. Jenis bil yang pembayarannya di lakukan pihak lain sesuai dengan Voucher dinamakan
    a. Master bill
    b. Extra Bill
    c. Separated bill
    d. Guest bill
    e. Individual bill
  26. Pendapatan utama hotel yang diperoleh dari tamu dalam bentuk sewa kamar, makanan, minuman dan cucian yang di bebankan kepadatamu dimasukkan kedalam ….
    a. Income/ sales Journal
    b. Cash Receipt Journal
    c. Purchase Journal
    d. Cash Payment Journal
    e. General Journal
  27. Untuk mengurus pembiayaan dan serta fasilitas serta penganangan pendapatan dari hasil pelayanan di hotel department
    a. Personnel
    b. Marketing
    c. Accounting
    d. Housekeeping
    e. Front Office
  28. Sumber daya yang di miliki hotel yang di perlukan untuk menghasilkan pendapatan di sebut
    a. Modal
    b. Investasi
    c. Kewajiban
    d. Harta
    e. Beban
  29. Persamaan dasar akuntansi merupakan hubungan antara aktiva dan vasipa yang dinyatakan dam bentuk persamaan
    a. Harta = Equitas + modal
    b. Harta = Kwajiban + modal
    c. Harta = Hutang – modal
    d. Harta = Piutang + modal
    e. Harta = Activa + Pasiva
  30. Mr. ali menyetor uang tunai sebesar Rp. 5.000.000,- ke kas perusahaan di catat dalam persamaan akuntansi mengakibatkan
    a. Kas berkurang modal bertambah
    b. Kas bertambah modal berkurang
    c. Kas berkurang modal berkurang
    d. Kas bertambah modal bertambah
    e. Kas berkurang hutang bertambah
  31. Melulasi utang kepada supplier sebesar Rp.10.000.000,- di catat dalam persamaan akuntansai mengakibatkan
    a. Kas berkurang modal bertambah
    b. Kas berkurang piutang bertambah
    c. Kas berkurang modal bertambah
    d. Kas bekurang kewajiban berkurang
    e. Kas bertambah kuwajiban berkurang
  32. Istilah akuntansinya laporan rugi laba adalah
    a. Income statement
    b. Income summary
    c. Clossing entry
    d. Work sheet
    e. Ajusting entry
  33. Akun untuk beban dihotel adalah kecuali
    a. Harga Pokok Penjualan Makanan & Minuman,
    b. gaji,
    c. perlengkapan kamar, beban listrik dan air,
    d. pemeliharaan gedung
    e. Penjualan makan dan minum
  34. Akun-akun untuk Kewajiban di hote adalah kecuali:
    a. Utang Pemasok
    b. Utang Bank
    c. Utang Pajak
    d. Utang Supplie
    e. Piutang tamu
  35. Akun-akun untuk harta di hotel adalah kecuali:
    a. Kas,
    b. Piutang Tamu,
    c. Persediaan Barang,
    d. Tanah,
    e. Pemeliharaan gedung

BELLBOY (By: Kin’s Andrianto,Dipl Hot ,SE)

  1. Tamu Hotel menitipkan barang pada bagian concierge / Bell Boy akan menerima kartu/ kartu tersebut adalah
    a. Baggage Keeping report
    b. Baggage tag
    c. Luggage tag
    d. Baggage card
    e. Bell boy errand card
  2. Bebagai bentuk barang bawaan tamu saat melakukan perjalanan, barang bawaan tamu untuk membawa pakaian disebut
    a. Trunk
    b. Suite case
    c. Hand bag
    d. Cosmetic case
    e. Brief case
  3. Form yang digunakan bellboy untuk mencatat barang tamu adalah
    a. Bellboy errand sheet
    b. Bellboy control sheet
    c. Bellboy form
    d. Bellboy errand sheet
    e. Bellboy errand card
  4. Penanganan barang bawaan tamu perlu di administrasikan, hal ini dilakukan kekeliruan dalam pelayanan barang bawaan tamu. Salah satu forms yang di gunakan untuk menangani barang bawaan tamu adalah….
    a. luggage tag
    b. name sheet
    c. bellboy check
    d. concierge list
    e. concierge sheet
  5. Penanganan barang tamu harus dilakukan dengan hãti-hati dan membutuhkan perhatian khusus, agar concierge dapat melakukan penanganan barang dengan efektif dan efisien, Sehingga diperlukan metode sendiri. Berikut ini adalah cara menangani barang bawaan tamu yaitu.
    a. stock
    b. sticking
    c. stick
    d. stack
    e. stacking
  6. Barang bawaan tamu memiliki nilaqi yang sangat tinggi dilihat dari segi biaya maupun non materi, nilai tersebut di sebut juga dengan
    a. Limiting
    b. Lifting
    c. Expense
    d. Stacking
    e. Escorting
  7. Tas yang di gunakan oleh tamu untuk membawa atau menyimpan surat surat penting atau document penting
    a. Suitcase
    b. Travel Bag
    c. Trunk
    d. Briefcase
    e. Hand Bag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar