Perilaku Penting
seorang Frontliner dalam Tugas dan Fungsinya sehari-hari
Menjadi seorang Frontliner, seperti seorang Guest Service
Officer maupun Concierge dan jenis tugas fungsi lainnya sebagai Front Liner
dapat menunjukkan dan memperbaiki Citra Perusahaan (Brand Image). Hal
inilah bagi beberapa perusahaan yang sangat mengandalkan Customer Services
dalam Core Business mereka, sangat intensif menjadi PERHATIAN UTAMA. .
1. Senyum Tulus
Untuk
seorang Front Liner, Senyum ini merupakan senjata paling ampuh sebagai modal
utama dalam menghadapi Pelanggan, Senyum yang tulus bukan senyum yang dibuat –
buat. Karena itu Anda saat mau bekerja harus mempersiapkan Mental yang Positif
atau Kondisi Fisik maupun Hati yang tidak Kusut, mulailah pagi hari dengan
senyuman maka akan ditutuplah hari kerja Anda penuh semangat dan kenyamanan
walau puluhan Pelanggan dilayani pada hari itu.
2. Wajah Hangat dan
Bersemangat
Kesiapan
Mental dan Fisik mempengaruhi petugas Front Liner saat bekerja dan
hal ini perlu motivasi tinggi dalam bekerja, sehingga akan mendukung penampilan
dan senyum tulus tersebut diatas
3. Front-liner behauvior
Pelanggan
adalah Orang Penting, Petugas Front Line harus menempatkan Pelanggan sebagai
orang penting, sehingga baru kita bisa melakukan Service, bagi pelanggan yang
bermasalah kita harus meyakinkan diri bahwa mereka adalah orang penting yang
seharusnya tidak perlu mencari atau membuat masalah.
4. Dengarkan
Kebutuhan Pelanggan
Petugas
Front Line dalam hal ini perlu melatih mendengarkan pelanggan lebih dahulu apa
yang mereka kehendaki atau mendengarkan dahulu apa keluhannya atau pendapatnya,
baru kita mengambil langkah tindakan. Sebagai seorang FrontLiner tidak
perlu bersikap Arogan dan Egois karena merasa lebih paham dan mengerti tentang
hal yang diinginkan Pelanggan.
5. Sebutkan Nama
Pelanggan
Petugas
front line harus menggunakan metode menghafal nama yang sangat tepat atau
dengan metode suatu pertanyaan sehingga nama pelanggan akan kita ketahui dan
selama berkomunikasi kita menyebut nama pelanggan, hal ini menunjukkan Atensi
atau Perhatian yang sederhana tapi membawa dampak yang besar. Pelanggan
akan sangat merasa ditempatkan pada posisinya sebagai Orang Penting dalam
pelayanan tersebut.
6. Bahasa Tubuh yang baik
Bahasa
tubuh bagi petugas front line sangat penting dan mempunyai makna yang Berguna,
seperti Mengangguk, Sikap Tangan, Sikap Duduk, Pandangan Mata, dan lainnya, hal
ini mengandung arti dalam berkomunikasi. Perlu dihindari hal yang menghambat
semisal Suka Menggaruk garuk Tangan, Sikap Duduk yang agak Miring, Sikap
Berdiri yang kurang baik.
7. Bicarakan tentang
Minat Pelanggan
Banyak
petugas front line kurang memperhatikan akan hal ini, kebanyakan yang
dibaca hanya Berita Selebritis, sebaiknya kita meng-update informasi dari koran
yang favorit misalnya Kompas, Tempo, Suara Pembaharuan, Bali Post, dan lainnya,
hal ini akan bisa mengimbangi saat Anda berkomunikasi dengan pelanggan, karena
dengan mengerti Minat Pelanggan memudahkan komunikasi kita dengan mereka dan
sangat menunjukkan Anda memiliki wawasan luas. Tapi ingat batasan, NO SARA,
hindari berseberangan pandangan politik (netral), jangan membicarakan hal yg
bersifat pribadi.
8. Tata Bahasa yang
Halus
Bagi
Petugas front line sangat penting menggunakan tata bahasa yang baik dan mengerti
akan situasi saat terjadinya pembicaraan, sehingga dengan tepat menggunakan
tata bahasa yang baik, standar pelayanan tidak akan terkesan dibuat –
buat atau tidak sopan.
9. Proses yang dikerjakan
Yang
dimaksud dengan ini adalah bagaimana kita meyakini proses yang sedang ditunggu oleh
pelanggan sedang dikerjakan sehingga pelanggan yakin bahwa kebutuhannya
terpenuhi dan diperhatikan, dan seorang Front Liner harus memahami cara
menyampaikan proses pelayanan tersebut dengan bahasa yang mudah diterima
pelanggan.
10. Product Knowledge
Petugas
front line sangat perlu untuk mengetahui tentang produk apa yang kita
punya baik secara konsep maupun hal teknis global sehingga saat mereka
berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan tidak terhambat.
Product Knowledge dalam hal ini merupakan bagian dari prosedur dan proses yang
terjadi di perusahaan kita
11. Tampil Rapi
Sudah
menjadi kewajiban bagi setiap Front Liner berpenampilan selalu rapi dalam
setiap kesempatan, hal ini bukan berarti selalu mahal, serta perlu pula
mencocokkan setelan baik warna maupun betuk pakaian yang dipakainya maupun
riasan wajah yang tidak mencolok.
Front Liner akan menjadi Duta Perusahaan dan secara tidak langsung akan mengangkat Brand Image atau Citra Perusahaan, dengan kesederhanaan (tampil sederhana) bukan jaminan seorang Front Liner akan berpenampilan buruk dan bukan pula kemewahan akan menjadikan keberhasilan seorang sebagai Front Liner yang baik. Bagaimanapun Simple is Beauty, dengan Kesederhanaan akan ditemui Keindahan. Perilaku Penting seorang Frontliner dalam Tugas dan Fungsinya sehari-hari akan banyak membantu sukses seorang frontliner ataupun perusahaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar