Sifat
dan Karakter yang Harus Dimiliki oleh Karyawan Hotel
hotelier.co.id- Hotel merupakan
salah satu unit bisnis yang 24 jam melakukan kegiatan operasional. Selain itu
intensitas kerja yang cepat dan dinamis menuntut karyawannya untuk dapat
menyesuaikan diri. Berikut ini merupakan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh
karyawan perhotelan guna mendukung kinerjanya.
Kejujuran
Kejujuran merupakan
sifat mendasar yang wajib dimiliki karyawan perhotelan. Karena kejujuran itu
merupakan awal dari sebuah kepercayaan dan kepercayaan akan gugur apabila
karyawan yang dipercayai itu melakukan sebuah kebohongan. Disisi lain, seorang
karyawan yang jujur bisa menambah tamu hotel merasa aman dan nyaman.
Profesionalisme
Di dalam melakukan
pekerjaan, seorang karyawan dituntut selalu profesional. Profesional secara
penampilan maupun secara teknik pekerjaan guna menunjang kegiatan operasional
hotel.
Kedisiplinan
Kedisiplinan ini
mencakupi kedisiplinan kerja sesuai Prosedur, kedisiplinan dalam kehadiran, dan
kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib hotel/house rule yang ditetapkan oleh
hotel.
Keterbukaan
Keterbukaan ini adalah
karyawan secara terbuka mau untuk menerima kritikan dan masukan, selain itu
keterbukaan ini akan mempermudah manajer atau atasan di dalam mencari solusi
atas permasalahan yang sedang di hadapi oleh karyawan.
Sebagai contoh,
apabila karyawan masih belum mampu mengerjakan sesuatu, maka sebaiknya karyawan
secara terbuka bicara dengan manajer atau atasannya bahwa dia masih belum mampu
sehingga atasan atau manajer pun akan mengajari karyawan tersebut sampai bisa.
Hanya saja, agar seorang karyawan ini mau bersikap terbuka terhadap
pimpinannya, seorang pimpinan juga harus memiliki rasa asih, asah, dan asuh
sehingga si karyawan tersebut merasa tenang ketika dia terbuka terhadap
pimpinannya
Kemauan untuk belajar
hal-hal yang baru
Sifat mau untuk belajar
hal-hal yang baru ini akan menambah pengetahuan karyawan tersebut, selain itu
berguna untuk mengurangi stress pada karyawan akibat pekerjaan yang terlalu
monotone setiap hari.Dampak positifnya,karyawan menjadi serba bisa sehingga
memudahkan manajer atau atasan didalam melakukan rolling jabatan atau
pertukaran pekerjaan.
Ramah, Santun, Sopan
dan mudah senyum
Berhubung hotel
merupakan salah satu bentuk pelayanan publik, jadi wajib hukumnya karyawan
memiliki sifat ramah, santun, sopan dan mudah senyum. Bisa dibayangkan apabila
seorang frontline hotel galak dan jutek? pasti tamu akan berpikir ulang untuk
menginap di hotel tersebut.
Menekan Ego Sentris
Setiap karyawan pasti
memiliki ego masing-masing, akan tetapi agar sejalan dengan tujuan perusahaan
maka dibutuhkan kerja sama tim yang solid. Sehingga untuk mencapai sebuah
kesepekatan atau keputusan haruslah menghilangkan ego masing-masing. Apabila
ego yang berkembang maka tidak akan tercapai kerjasama yang solid. Begitu juga
dengan sifat ke-AKUan juga harus dikurangi. Seperti pepatah tak perlu mengaum
agar harimau menjadi ditakuti oleh pemangsa, karena Kerja di hotel itu
merupakan team work atau kerja sama tim dan bukan ONE MAN SHOW.
Itulah beberapa sifat
yang harus dibentuk dan dimiliki oleh karyawan perhotelan karena perhotelan itu
merupakan salah satu bentuk pelayanan keramah tamahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar